You need to enable javaScript to run this app.

DIKLAT PRAMUKA

  • Jum'at, 20 Agustus 2021
  • Administrator
  • 0 komentar
DIKLAT PRAMUKA

         SALAM PRAMUKA

Kegiatan Diklat Dewan Ambalan merupakan salah kegiatan ekstrakurikuler di SMAN  Pulung yang juga menjadi agenda tahunan.  Pada hari Jumat-Sabtu, tanggal 20-21 Agustus 2021 dilaksanakan kegiatan diklat pengurus Dewan Ambalan Jayengrono-Dewi Ndaru dengan tema "Menjadikan Kader Pramuka yang Kreatif, Adaptif, dan Inovatif di Era Pandemi" Gerakan Pramuka Gugus Depan 17.105-17.106 Pangkalan SMA Negeri 1 Pulung.

Kegiatan yang merupakan program tahunan ekstrakurikuler Pramuka ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pembekalan kepemimpinan pada calon Anggota Dewan Ambalan tahun pelajaran 2021/2022. Karena, gerakan pramuka adalah gerakan pendidikan yang bertujuan untuk mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia menjadi tenaga  kader pembangunan disegala bidang dengan menggunakan prinsip dasar dan metode pendidikan kepramukaan. Diklat Dewan Ambalan  pada tahun ini tidak seperti biasanya yang mengadakan perkemahan disebuah tempat akibat adanya pandemi COVID-19. Diklat Dewan Ambalan tahun ini dilaksanakan dua hari di SMAN 1 PULUNG, yaitu tanggal 20-21 Agustus 2021.

         

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diawali dengan apel pembukaan pada Jumat, 20 Agustus 2021 pukul 07.00 WIB bertempat di  SMA Negeri 1 Pulung. Bapak Kepala SMA Negeri 1 Pulung, Dr. H. Suroso, M. Pd dalam sambutannya secara langsung membuka kegiatan tersebut. Selain itu, hadir juga para Bapak/Ibu Wakasek beserta Kakak-kakak pembina pramuka, para panitia dan  serta calon Anggota Dewan Ambalan Dewi Ndaru Tahun Pelajaran 2020/2021 yang siap dilantik.

Setelah apel pembukaan usai, dilanjutkan pemberian materi diklat ruang tentang materi kepramukaan,kepemimpinan, keorganisasian, dan baris-berbaris  Untuk pemberian materi ruang dilaksanakan mulai pukul 08.00-15.30 WIB dengan tetap menerapkan prokes secara ketat. Para penyaji materi dari kakak pembina memaparkan materi dengan penuh semangat dan jelas sehingga para peserta dapat mengikuti kegiatan dengan penuh antusias.

Disamping itu tujuan diadakannya Diklat Ambalan Dewi Ndaru SMAN 1 Pulung adalah untuk Menanamkan semangat aktualisasi meyakini terhadap Allah SWT, Menumbuhkan kader-kader pramuka yang mempunyai antusiasme tinggi terhadap gerakan pramuka, Membangun semangat persaudaraan dikalangan pramuka penegak ambalan Djayengrono-Dewi Ndaru, Memberikan kegiatan bagi pramuka penegak yang bersifat edukatif, rekreatif, produktif dan Sebagai realisasi progam kerja dewan ambalan SMAN 1 PULUNG

       

Dihari kedua pelaksanaan diklat Dewan Ambalan, Sabtu, 21 Agustus 2021 dimulai pukul 07.00 WIB peserta melakukan perjalanan (hyking) start dari SMAN 1 Pulung.  Secara berkelompok yang terdiri sekitar 7-8 peserta melakukan perjalanan dengan membawa perbekalan di tas ranselnya masing-masing. Menyusuri jalan setapak melewati perkampungan penduduk, persawahan, hutan kayu putih, sungai, dibawah sinar matahari yang hangat para peserta menikmati kegiatan dengan cukup antusias.  Meski panas, haus, lapar, ternyata bisa dikalahkan oleh mereka dengan hadirnya semangat kebersamaan yang  demi terselesaikan tugas yang diberikan oleh kakak-kakak panitia.

              

Mulai dari desa Pulung, Sidoharjo, Wotan, Pomahan, dan berakhir di desa Wates Jenangan alhamdulillah para peserta Diklat Ambalan telah sukses melakukan perjalanan yang menjadi salah satu proses kegiatan dalam diklat kepengurusan Dewan Ambalan periode 2021-2022. 

                     

 

Di lapangan Desa Wates, Jenangan hari Sabtu 21 Agustus 2021 pukul 14.00 WIB sebanyak 23 peserta resmi dilantik menjadi Dewan Pengurus Ambalan SMAN 1 Pulung periode Tahun 2021-2022 dan selanjutnya akan bergegas bergerak untuk melanjutkan program kerja  dari Dewan Ambalan Jayengrono-Ndaru Pangkalan SMA Negeri 1 Pulung.

       

 

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

JOKO WILIS PUTRO, M.Pd.

- Kepala Sekolah -

<script type="text/javascript"...

Berlangganan
Banner